Tekpang Faperta Untirta Selenggarakan Kuliah Umum dan FGD Kurikulum

diterbitkan Oleh berita Unversitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program studi (Prodi) Teknologi Pangan (Tekpang) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) selenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa/i-nya bertempat di ruang Auditorium gedung B kampus Pakupatan kota Serang banten, adapun temanya adalah keanekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, menghadirkan Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc (Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan / Patpi) dan Ir. Akhmad Komara (Direksi PT. So Good Manufacturing Cikupa) sebagai pemateri (25/04/19).

previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. H. Suherna, M.Si selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Untirta, dihadiri oleh unsur pimpinan struktural Fakultas diantaranya Dekan, Wakil Dekan bidang akademik dan Wakil Dekan bidang kemahasiswaan, unsur pimpinan Prodi Tekpang diantaranya Ketua dan sekretaris Prodi, pengurus Patpi cabang Serang, serta diikuti oleh para Dosen dan mahasiswa/i dari Prodi Tekpang. Dr. Fitria Riany Eris selaku Ketua Prodi Tekpang menerangkan bahwa kegiatan kuliah umum ini merupakan rutinitas setiap tahun Prodinya, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa, dosen dan mahasiswa/i, serta sivitas Prodi Tekpang Faperta Untirta, Beliau memaparkan visi Prodinya yang pada tahun 2025 akan menjadi prodi yang bermutu dan berkarakter dalam mewujudkan ketahanan pangan sehingga kegiatan kuliah umum ini akan dilanjutkan dengan focus grup discussion (FGD) penyusunan Kurikulum.

Pada saat pemaparan, para pemateri menyampaikan beberapa hal penting seperti diantaranya teknologi pangan yang sangat penting bagi pembangunan pangan nasional, menjelaskan kondisi pangan terkini yang hampir semuanya import, kualitas produk pangan Indonesia masih kalah saing dengan produk dari luar negeri, industri pangan di Indonesia haruslah didukung oleh dunia pendidikan terutama perguruan tinggi yang mempunyai Prodi Tekpang, menerangkan pentingnya menaikkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap makanan yang berbasis protein karena banyak fungsinya salah satunya adalah dapat mencerdaskan, meningkatkan daya tumbuh anak-anak, berbagai stalk holder seperti industri, pemerintah, perguruan tinggi, serta mahasiswa bisa mempunyai peluang untuk mewujudkan hal tersebut dengan cara salah satunya kampanye mengajak untuk konsumsi protein.

Setelah kuliah umum acara dilanjutkan dengan kegiatan FGD Kurikulum di ruang pertemuan gedung lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) kampus Pakupatan kota Serang Banten, dibuka oleh Rektor Untirta, dihadiri oleh berbagai stalkholder terkait seperti diantaranya para perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Banten, Dinas Pertanian Banten, Dinas Perikanan Banten, Balai Besar Pengawas, Obat dan Minuman (B-POM), PT. Nippon Indosari Corpindo, Patpi pusat dan cabang Serang, serta para Dosen di lingkungan Untirta. FGD membahas kurikulum yang baik, output dari kegiatan ini adalah rekomendasi-rekomendasi tentang mata kuliah yang akan ditambahkan maupun dikurangi, nantinya akan diterapkan pada kurikulum Prodi Tekpang yang baru, demi tercapainya kualitas lulusan yang baik, berkarakter, beradaptasi dengan keadaan terkini dan bisa terserap di dunia industri maupun di bidang lainnya, tutur Kaprodi Tekpang Faperta Untirta. (HerdiansyahW-Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *