Produktif di Usia Muda: Membangun Inovasi Riset, Budaya Menulis dan Publikasi Ilmiah

Program Studi Ilmu Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bekerjasama dengan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara serta Program Studi Ilmu Kelauan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro telah mengadakan Webinar dengan Tema “Produktif di Usia Muda: Membangun Inovasi Riset, Budaya Menulis Buku dan Publikasi Ilmiah”. Webinar dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 11 Juni 2020. Acara Webinar dengan pendaftar mencapai 763 orang ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Nurmayulis, Ir. M.P.

Tujuan webinar ini adalah untuk sharing pengetahuan dan pengalaman dari tiga orang narasumber, yaitu dosen muda yang cukup berpengalaman dalam penelitian dan inovasi riset, menulis buku dari hasil riset, serta menulis jurnal ilmiah internasional yang bereputasi. Pembicara Webinar ini terdiria atas 3 orang yaitu Dr. Adi Susanto, Achmad Muhtadi Rangkuti, M.Si dan Dr. Triandala Mada Sibero. Weibnar dilaksanakan melalui platform Zoom dan disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube.

Pada webinar kali ini, Dr. Adi Susanto, S.Pi., M.Si sekaligus ketua Program Studi Ilmu Perikanan Fakultas Pertanian Untirta menyampaikan pengalamannya dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian dari sejak menjadi mahasiswa S1 hingga menjadi dosen di Untirta. Ahmad Muhtadi Rangkuti, S.Pi., M.Si menyampaikan proses dan pengalamannya dalam menulis buku teks berbahasa Indonesia dalam bidang Perikanan. Sementara itu Dr. Triandala Mada Sibero, S.Pi., M.Si memaparkan pengamalan beliau untuk menulis publikasi ilmiah dari hasil penelitian pada jurnal nasional bereputasi.

Acara Webnar berjalan lancar dan mendapatkan respons yang sangat baik dari peserta sehingga panitia harus menambah waktu diskusi hingga 30 menit. Semoga acara ini membawa manfaat bagi semua pihak dan sampai bertemu pada seri Webinar selanjutnya.