Fakultas Pertanian Mengelenggarakan Seminar Internasional “The 1st International Conference on Agriculture and Rural Development (ICARD)”

Serang, (8/8/2019) Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memyelenggarakan Internasional Confrence On Agriculture And Rural Development ( I Card ) di Hotel Horison Ultima Ratu Kota Serang. Pada acara tersebut di hadiri oleh Rektor Untirta Prof, Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Hj. Kartina, AM., MP, Dekan Faperta Untirta Prof. Dr. Nurmayulis, Ir, MP, Kepala Pusat ketersedian dan kerawanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Andriko N Susanto, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Para Narasumber dari berbagai negara yaitu Amerika, Banglades, Thailand, Japan para peserta baik dari instansi pemerintah maupun dari beberapa perguruan tinggi,  serta para lembaga riset.

Dekan Faperta Untirta Prof.Dr. Nurmayulis., Ir., MP menyampaikan kegiatan in pertama kali mengadakan Internasional Conference On Agriculture And Rural Development atau kita sebut I Card. Fakultas Pertanian Untirta bekerjasama dengan IPB (Institut Pertanian Bogor) kemudian juga disuport juga oleh BPTP Banten ada pusat unggulan Iptek kita itu ketahanan pangan dan beberapa sponsor dari perusahaan-perusahaan. Penyampaian paper-paper dari hasil penelitian baik dari perguruan tinggi maupun dari lembaga riset, peserta kita ini ada 5 negara sout Asia Afrika Selatan, Malaysia, Banglades, Indonesia dan Rusia.Beliau berharap dengan seminar ini kita mempublikasi hasil-hasil penelitian karena output dari seminar ini adalah publikasi pada publiser yang bereputasi terindekspokus pada Loi Publish sfokus.

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan saya merespon yang mewakili Kementerian Pertanian tadi banyak hal yang dapat dikerjakan bersama dan kita juga tadi menyambut bagaimana agar regenerasi bidang pertanian ada petani-petani milenial, inilah harusnya mahasiswa jurusan pertanian ini yang kita dorong agar mereka mampu menjadi petani dengan menggunakan teknologi untuk tidak menggunakan dengan cara-cara tradisional supaya produktifitasnya  meningkat.Nah ini yang yang dibicarakan agar kita memberi kontribusi pembangunan pertanian di Indonesia terkait dengan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan. Riset bersama akan dilakukan dengan ketahanan pangan, mahasiswa kita juga dilibatkan untuk menjadi tertarik dengan bidang pertanian.

Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kementerian Pertanian RI Andriko Susanto  mengatakan kami menyambut baik acara  I Card ini, kita berharap pemerintah mudah-mudahan dari hasil Internasional Conference ini mendapatkan satu rekomendasi kebijakan untuk  mempercepat proses pembangunan pertanian di Indonesia. Ada dua hal yang kita sasar yaitu pertama adalah bagaimana kita mewujudkan kedaulatan pangan, yang kedua bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani. Beliau menyampaikan Fakultas-fakultas pertanian di seluruh Indonesia ini kita harapkan mahasiswanya lebih juga dimuati dengan pendidikan vokasi terkait dengan pertanian, jadi teorinya semakin dipendekan lalu prakteknya semakin dibanyakan. Jadi adik-adik mahasiswa tidak hanya mengerti teori pertanian tapi mengetahui hal-hal yang praktek yang praktis dari praktisi-praktisi